Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Sample Text


Update every Monday
(Update Setiap Hari Minggu)

Visitor

Flag Counter

Followers

Featured Posts

Sample Text

Menu - Pages

Pages - Menu

Senin, 03 Oktober 2016

SEJARAH SENAPAN MESIN RINGAN BREN
bren-light-machine-gun-swmp-oct-lead.jpg
Sebuah Senapan Mesin Ringan Bren (SMR BREN) Sumber Gambar: www.tactical-life.com
Senapan mesin ringan Bren atau biasa disebut Bren, adalah seri Senapan Mesin Ringan (SMR) yang diadopsi oleh Britania pada tahun 1930-an sampai tahun 1991.Nama Bren sendiri  berasal dari Brno, kota di Cekoslowakia (Sekarang Republik Ceko dan Republik Slowakia) dimana Zb vz. 26 ( Zborojovka vzor. 26) awal dirancang, dan Enfield, sebuah daerah di Inggris tempat berdirinya pabrik senjata Royal Small Arms Factory.
Bren adalah versi modifikasi dari Senapan Mesin Ringan Zb Vz. 26 yang dirancang di Cekoslowakia, yang telah diuji oleh tentara Angkatan Darat Inggris  selama kompetisi senjata api pada tahun 1930-an. Bren tahap selanjutnya kemudian menggunakan Magazen Peluru box (kotak) melengkung yang khas, pelindung pijar Kerucut dan laras rubah-cepat.Meskipun dilengkapi dengan standar bipod, senapan ini juga bisa dipasang pada standar tripod atau standar atas kendaraan.
zb30.jpg
Sebuah Senapan Mesin ringan Zb vz.26 (Zborojovka Vzor. 26) merupakan Hasil  modifikasi  dari Bren. sumber:  world.guns.ru
CSR_soldiers_ZB_vz_26.PNG
Tentara Cekoslowakia sedang Menggunakan Zb vz.26 dan Zb vz. 24. sumber :https://en.wikipedia.org/wiki/ZB_vz._26

  Pada Saat Perang Dunia 2 SMR Bren digunakan oleh Angkatan darat Britania , dan tentara berbagai negara persemakmuran Inggris. seperti perang  Konfrontasi Indonesia-Malaysia, Perang Korea, Kedaruratan Malaya, dan Pemberontakan Mau-Mau. Senjata ini lebih disukai ketimbang Senapan Mesin Serba Guna  karena beratnya lebih ringan.

0 komentar: