Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Sample Text


Update every Monday
(Update Setiap Hari Minggu)

Visitor

Flag Counter

Followers

Featured Posts

Sample Text

Menu - Pages

Pages - Menu

Senin, 29 Agustus 2016

Sejarah Senapan serbu Avtomat Kalashnikov 1947 (AK47)




AK-47 ( Singkatan Dari Avtomat kalashnikova 1947), Rusia (Автомат Калашникова образца 1947 года) adalah senapan serbu/Assault Rifle yang Dirancang oleh Mikhail Kalashnikov (Lahir pada tanggal 10 November 1919 - 23 Desember 2013).

Mikhail T. Kalashnikov 
Sejarah:
Kalashnikov muda memaparkan rencana dan sketsa AK-47.
   Pada Perang Dunia 2,Nazi Jerman menciptakan konsep senapan serbu. Konsep ini didasari pengalaman bahwa pertempuran modern lebih banyak terjadi pada jarak yang cukup dekat, yaitu sekitar 100 meter. Tenaga dan jangkauan peluru pada saat itu ternyata terlalu besar. Maka, Jerman mulai mengembangkan peluru dan senapan yang mempunyai sifat submachine gun (isi magazine banyak dan bisa menembak full-otomatis) dengan peluru yang jangkauannya bisa sampai 300 meter. Hasil Akhirnya Adalah Sturmgewehr 44 (STG-44)/Maschinepistole 44 (MP-44). Jerman adalah yang pertama untuk memproduksi masal senapan mereka. Jerman banyak menggunakan senapan baru mereka untuk menghadapi Soviet di Front Timur. memang bukan senapan pertama yang menggunakan konsep ini sebelumnya Italia dan Uni Soviet pernah merancang konsep yang serupa. Jerman banyak menggunakan senapan baru mereka untuk menghadapi Soviet di Front Timur.Hal inilah yang memengaruhi doktrin Soviet pada tahun-tahun berikutnya.
Sebuah Senapan Sturmgewehr 44 (STG-44)/Maschinepistole 44 (MP-44).Stumgewehr artinya Senapan Serbu/Assault Rifle.

Tentara Waffen-SS sedang Latihan Menggunakan STG-44/MP-44.Catatan:Senapan ini dilengkapi dengan ZF-4 telescopic sight
Berdasarkan doktrin Soviet, Mikhail Kalashnikov mulai memikirkan desain senapannya sejak di rumah sakit, setelah terluka pada pertempuran di Bryansk. Ia mendapat informasi bahwa sebuah senjata baru sedang dicari, untuk dipakai dengan peluru 7,62 x 41 mm yang dibuat oleh Elisarov dan Semin pada 1943. Tapi kali itu, desain Kalashnikov kalah melawan desain Sudayev, yaitu PPS-43. Kalashnikov mengubah desain pertamanya setelah ia mempelajari STG-44/MP-44 Jerman pada tahun 1946. Karena rancangannya cukup mengesankan, Kalashnikov lalu dipilih untuk memimpin sebuah tim desain.

 Sebuah Sub-Machine gun PPS-43 (singkatan dari Pistolet-pulemjot Sudaeva),Rusia:(Пистолет-пулемёт Судаева)
Tentara Soviet Sedang Berperang menggunakan senjata PPS-43     


Konsep Desain Ak-47:
Sebuah Senapan M1 Garand (Bawah) Merupakan Inovasi dari AK-47
Mikhail Kalashnikov menyangkal bahwa desainnya dibuat berdasarkan STG-44/MP-44 Jerman. AK-47 lebih tepat dikatakan sebagai campuran dari inovasi-inovasi pada tahun-tahun sebelumnya. Misalnya, mekanik AK-47 lebih mirip M1 Garand daripada senapan-senapan Jerman. Locking lugs ganda, unlocking raceway, dan mekanisme pelatuk telihat mirip desain Amerika tersebut. Ini adalah hal yang wajar, mengingat bahwa jutaan M1 Garand telah sukses dipakai di segala penjuru dunia. Walau secara mekanis mirip dengan M1 Garand, konsep peluru, tata letak komponen, sistem gas, dan metode perakitan AK-47 jelas mirip dengan STG-44/MP-44.Jeniusnya AK-47 adalah, bahwa desainnya paling tepat untuk produksi masal. Jadi AK-47 berhasil menggabungkan keunggulan M1 Garand dengan  STG-44/MP-44, dan bisa diproduksi dengan cepat oleh Uni Soviet pada saat itu.

Sumber:


0 komentar: